tips merawat krom agar tidak mudah berkarat

Banyak pengguna kendaraan baik roda empat maupun roda dua yang melapisi beberapa bagiannya dengan lapisan chrome. Seperti bagian velg, knalpot, setang, blok mesin, pedal dan beberapa bagian lainnya. Hal itu dilakukan untuk memberikan kesan eksklusif bagi si pengendaranya.

Namun untuk perawatan chrome tidaklah mudah, apalagi lapisan chrome itu digunakan di bagian kaki-kaki motor Anda yang mudah terkena noda atau kotoran.

Nah kali ini saya akan mencoba memberikan tips untuk merawat lapisan krom agar tetap terlihat kinclong dan terbebas dari karat.

semua yang dilapisi krom harus dirawat ekstra kalau tidak,  noda yang manempel susah hilang dan nantinya akan mengakibatkan karat, terutama jika sering terkena air hujan.

Musuh utama pengguna chrome yakni air hujan. Biasanya banyak pengguna yang menyepelekan hal itu padahal dampak air hujan itu sangat berpengaruh pada keawetan krom.

Kalau sudah kena air hujan diusahakan dicuci dulu pakai air di rumah. Setelah dibilas baru boleh dilap kering dengan menggunakan lap yang teksturnya halus,

Jika bagian krom sudah terkena air hujan, maka kalau Anda tidak segera mencuci dan mengelapnya, air hujan itu akan mengendap di bagian krom terutama pada bagian velk dan bagian lainnya yang memang rawan terkena air hujan. Air yang mengendap itu yang bisa membuat karat pada krom Anda.

Sehebat apapaun kromnya pasti kalau kena air hujan dan enggak dirawat akan mudah berkarat dan kuning

kebanyakan orang salah kaprah. Krom dilap atau digosok pake cairan yang mengandung kimia. Seperti Kit misalnya, itu usahakan jangan. Karena bukan jadi bersih atau mengkilap tapi jadi malah kuning nantinya.

Nah saya punya tips nihbuat kalian para bikes agar lapisan krom anda makin awet
1. Tepung Kanji atau Bedak Bayi
Krom bisa dirawat dengan tepung kanji atau bedak khusus bayi, bersihkan dahulu barang yang sudah berlapis krom dengan sabun cuci piring, dan gunakan air mengalir, bukan air bertekanan tinggi. Intinya, sabun cuci piring diyakini punya kemampuan lebih untuk mengangkat kandungan lemak ataupun oli yang tertinggal, begitu juga penggunaan air bertekanan yang tinggi bisa membuat lapisan krom terkelupas.

Setelah bersih, lanjutkan dengan memoles permukaan krom pakai bedak bayi, atau kalau mencari di dapur, coba gunakan tepung kanji. "Bedak bayi dan tepung kanji lebih halus dan tidak ada partikel yang bisa merusak lapisan krom". Maksudnya, biar tak kasat mata terlihat, tapi partikel halus yang terkandung dalam obat poles akan membuat lapisan krom pudar. Indikasinya, lama kelamaan krom akan terlihat kuning, dan efek paling parah, lapisan krom akan hilang. Beda dengan obat poles yang bukan diperuntukkan untuk krom, biasanya ketika dipegang, akan terasa partikel seperti pasir, walau halus.

Saat memoles, bisa dengan gerakan memutar, atau bisa juga searah. Tinggal poles saja beberapa bagian misal knalpot atau gagang spion. Jangan ketinggalan bagian tekukan, soalnya pada bagian ini lapisan krom paling tipis. Jadi harus ekstra hati-hati. Dan  jangan lupa menggunakan kain lap halus ketika memoles kromnya.
2. Bubuk Magnesium
Yang ketiga krom bisa dirawat dengan bubuk magnesium. Bubuk magnesium yang terdapat di toko bahan kimia namun kalau tidak ada cukup dengan bedak bayi atau tepung kanji. Cara perawatannya sama dengan menggunakan bedak bayi dan tepung kanji. Yaitu cukup dengan ditaburkan secara merata keseluruh permukaan yang ada lapisan chrome. Kemudian di lap dengan kain berbahan lembut atau chamois (kanebo) dan kering.
3. Sinar Matahari
Cara selanjutnya dalam merawat krom adalah meniru gaya turis di pantai. Yaitu dengan mandi matahari atau berjemur. Sebelum mandi matahari, sebaiknya motor dicuci dengan air sabun. Ingat, hanya dengan air sabun. Tapi, setelah itu motor harus dijemur di bawah matahari layaknya bule di pantai Kuta, Bali. Bila kulit bule dijemur makin gelap, sebaliknya krom dijemur bisa makin terang. Karena panasnya matahari mampu mengeluarkan kadar air yang tersimpan dibalik lapisan krom.
4. Chrome polisher
Merawat krom juga bisa menggunakan produk buatan pabrik yaitu Chrome Polisher. Chrome Plisher harganya sekitar 60-150 ribu per kemasan botol. Penggunaannya cukup sederhana yakni dengan bantuan media penggosok kertas bekas. Tuangkan polisher ke kertas bekas, gosok secara merata pada lapisan krom. Diamkan beberapa saat hingga kering, lanjutkan pembersihan dengan kain bersih.
5. Minyak Kayu Putih
Perawatan krom yang selanjutnya juga bisa minyak kayu putih. Penggunaan minyak kayu putih bisa dilakukan dengan menuangkan minyak kayu putih ke kain lap bersih untuk digosokkan ke permukaan krom yang kotor dan dibiarkan menguap. Setelah kering, lakukan pengelapan dengan kain lap bersih.
7. Pasta gigi putih non gel
Merawat krom juga bisa menggunakan pasta gigi putih non gel. Jika menggunakan pasta gigi non gel maka yang harus disiapakan adalah pasta gigi putih non gel dan lap katun. Langkah-langkahnya dengan menyiapkan lap katun yang halus dan bersih. Lalu oleskan pasta gigi ke permukaan lap. Lakukan pembersihan ke permukaan krom. Butiran-butiran mikron pada pasta gigi secara otomatis akan membersihkan kotoran dan menghaluskan kembali permukaan krom yang kusam. Biarkan beberapa saat, kemudian gosok dengan lap bersih.

Pantangannya :
1. Hindari mencuci dengan sabun deterjen. Jika Bikes ingin mencuci motor, jangan sekali-kali menggunakan sabun deterjen merek apa pun. Efek bahan kimia yang ada pada sabun deterjen akan mengkikis chrome. Bila hal ini dibiarkan terus menerus, warna chrome lambat laun akan pudar dan tidak kinclong lagi. Namun bila ingin mencucinya pakai sabun deterjen, maksimal, sebulan sekali. Benda pembersih yang mengandung bahan kimia seperti Autosol Metal Polish atau kit pun harus dihindari.
2. Jangan terkena larutan dengan kadar asam tinggi. Larutan dengan kadar asam tinggi itu seperti air hujan, air laut, dan air aki.. Saat motor terkena air hujan yang mengandung zat asam tinggi, segera bilas tunggangan Bikes dengan air bersih lalu keringkan dengan lap. Jika malas untuk mengkeringkan, tak apa-apa, asal jangan biarkan air hujan menempel pada benda yang di chrome. Karena tingkat asam yang tinggi dari air hujan akan merubah warna chrome. Dan bila Bikes memang tak sempat untuk langsung mencuci motor yang terkena air hujan, batas waktunya maksimal hingga 2 hari. Jika dibiarkan dari tempo itu, warna chrome akan rusak.

Sekian artikel ini, semiga bisa memberi manfaat bagi anda dan orang-orang di sekitar,salam satu aspal

Komentar

Postingan Populer